Header Ads

Seperti ini Bentuk Pesawat Tempur Canggih Buatan Indonesia-Korea Terbaru



Dalam memajukan kecanggihan pesawat tempur dunia dan membangkitkan kemandirian industri pertahanan , Indonesia dikabarkan tengah mengembangkan jet tempur generasi 4.5 yang bekerjasama dengan Korea Aerospace Industries (KAI).

 Pengeambangan Jet terbaru yang diklaim bisa mengalahkan jet jet canggih Amerika Serikat ini dilakukan melalui sebuah program yang dinamakan KFX/IFX.

 Dan untuk mengembangkan jet tempur ini, PT Dirgantara Indonesia (Persero) menandatangani perjanjian peningkatan pemasaran dalam Indo Defence 2016 di JIExpo Kemayoran.

Direktur Niaga dan Restrukturisasi PTDI Budiman Saleh menjelaskan‎ kerjasama pemasaran ini menjadi satu bagian dari rencana pemasaran KFX/IFX.

“Ini salah satu bagian untuk KFX/IFX. Kita masih dalam tahapan Enginering Manufacturing Development, masih panjang, tapi kita sudah tau bentuknya,” kata Budiman saat berbincang dengan Liputan6.com yang ditulis, Jumat (4/11/2016).

‎Sementara itu , dalam rangka program pengembangan jet tempur tersebut, PTDI saat ini sudah mengirim sebanyak 70 orang engineer ke Korea Aerospace Industries untuk belajar dan menguasai teknologi yang akan digunakan dalam jet tempur tersebut.

“Jadi tidak hanya mengetahui bagaimana membuat fighter, tetapi juga mempelajari sistem-sistem yang digunakannya,” tegas dia.


Perlu untuk diketahui jika KFX/IFX ini akan dibekali dengan teknologi generasi 4.5. Kedua produsen ini nantinya akan melakukan kerja sama dalam jangka panjang dengan total investasi kedua negara mencapai US$ 8 miliar.

Dan kabarnya , proyek ini akan melibatkan APBN masing-masing negara. Jet tempur ini akan menjadi pesaing jet tempur buatan Amerika Serikat (AS) F-22 dan F-35. Secara generasi, jet tempur buatan Indonesia dengan Korea Selatan ini jelas di atas jet tempur legendaris F-16.

Pengembangan jet tempur ini juga nantinya akan dilakukan dalam  beberapa tahap. Sebagai tahap awal, Indonesia dan Korea tengah membuat desain dan prototype‎ jet tempur ini. Tahap awal ini ditargetkan kedua perusahaan akan selesai pada tahun 2019. Baru nantinya tahun 2020 masuk dalam proses produksi.

Kabarnya , PT DI dan KAI akan memproduksi 200 unit jet tempur, di mana 150 unit akan menjadi hak milik pemerintah Korea Selatan dan 50 unit akan menjadi hak pemerintah Indonesia. Hal ini karena porsi Indonesia dalam pengembangan jet tempur ini hanya 20 persen.

Bahkan dalam pembuatan 200 unit jet tempur itu diperkirakan akan selesai pada tahun 2035-2040. Proyek ini bersifat jangka panjang. Teknologi yang diterapkan dalam pesawat ini diakui cukup canggih.

Direktur Teknologi dan Pengembangan PT DI, Andi Alisjahbana mengungkapkan, jet tempur yang akan dihasilkan dari kerja sama dua negara ini akan memiliki generasi 4.5. Saat ini beberapa produk jet tempur yang ada di dunia masih ‎generasi 4.


“Sukhoi yang kita miliki, yang katanya paling canggih itu masih generasi 4, fighter yang kita produksi nanti sudah 4.5,” kata dia.

‎Jet tempur ini nantinya akan memiliki tipe semi siluman (stealth) yang ke depannya mampu dikembangkan ke tipe stealth atau jet tempur generasi 5. Di dunia, saat ini baru Amerika Serikat (AS) yang mampu memproduksi jet tempur generasi 5, yaitu jet tempur siluman F-22 dan F-35.

Diperkirakan Jadi dan Dijual Massal di Indonesia Tahun 2022

00aaa-kfx501_kappa352
sumber gambar: www.tandapagar.com
Menurut anggaran, pembiayaan dari pesawat tempur KFX/IFX ini ditanggung 60% oleh Korea Selatan dan 40% oleh Indonesia.

Rencana pembuatan pesawat tempur ini mulai diresmikan pada tahun 2010, dan sempat dihentikan karena berbagai sebab.

Namun pada tahun 2013, pengembangan pesawat tempur ini mulai dibuka lagi. Bahkan perkembangannya menjadi lebih cepat dan progresif.

Rencananya, pesawat tempur ini akan jadi pada tahun 2020. Dan untuk pertama kali nanti Korea Selatan sebagai kepala proyek akan meluncurkannya di negaranya sendiri dulu.

Baru pada tahun 2022 nanti, pesawat KFX/IFX ini akan mulai diluncurkan dan diperbanyak di Indonesia sendiri.

Rencananya, dalam proyek bersama ini, Korea Selatan akan mendapat 150 unit dan Indonesia mendapat 50 unit.

Apakah kamu tahu pesawat tempur jenis F16? Tentu kehebatan dan kecanggihannya sudah tidak asing lagi bagi warga dunia.

F16 adalah pesawat tempur buatan Amerika Serikat, dan kecanggihannya bisa dikatakan di atas rata-rata.

Namun dengan bangga Indonesia dan Korea Selatan menjamin bahwa KFX/IFX ini teknologinya akan jauh lebih canggih dibandingkan dengan pesawat tempur F16 tersebut.

Semoga proyek ini berjalan lancar demi membangkitkan kemandirian industri pertahanan Indonesia.

sumber : inafeed.com
Diberdayakan oleh Blogger.