Header Ads

Robert Owen 1771-1858 Tokoh Menejemen Aliran Klasik



Robert Owen 1771-1858 Tokoh Menejemen Aliran Klasik - Perkembangan teori menejemen tidak bisa lepas dari beberapa tokoh yang menyertainya. Tokoh-tokoh tersebut adalah mereka yang mempunyai andil besar dalam mengeksplorasi dan mengembangkan konsep menejemen sehingga dapat menjadi sebuah konsep dan teori yang apliaktif. Namun sampai detik ini pula belum ada suatu teori yang bersifat umum yang berlaku pada berbagai situasi dan kondisi, setiap teori hanya dapat diterapkan pada masalah yang berbeda-beda.

Terdapat tiga aliran yang membagi gaya dan konsep pemikiran menejemen pada tiap tokohnya; aliran klasik, aliran neoklasik, dan aliran modern. Untuk posting kali ini, dimulai dari aliran klasik dengan tokohnya yang pertama, Robert Owen.

Tokoh Menejemen Aliran Klasik

Robert Owen (1771-1858)

Robert Owenlah orang yang mula-mula memperkenalkan teori manajemen personalia. Dia berfokus pada dua faktor penting yang dapat mempengaruhi kelancaran sebuah kerangka kerja, yakni faktor produksi mesin dan faktor produksi tenaga kerja. Dengan mengadakan perawatan pada dua faktor tersebut, sebuah mekanisme kerja akan berjalan dengan baik dan lancer. Mengadakan perawatan mesin akan memberikan keuntungan begitu pula perhatian kepada pada tenaga.Kompensasi, asuransi kesehatan, tunjangan dan lainnya oleh pimpinan perusahaan adalah bentuk-bentuk perhatian perusahaan yang dapat meminimalisir konflik dan memperlancar perusahaan.
Menurut Robert Owen
meningkatkan kondisi kerja di pabrik, menaikkan usia minimum kerja bagi anak-anak, mengurangi jam kerja karyawan, menyediakan makanan bagi karyawan pabrik, mendirikan toko-toko untuk menjual keperluan hidup karyawan dengan harga layak dan berusaha memperbaiki lingkungan hidup tempat karyawan tinggal.
Dalam bahasa teorinya, pandangan Owen ini bisa dirumuskan menjadi:
Kuantitas dan kualitas hasil pekerjaan dipengaruhi oleh situasi ekstern dan intern pekerjaan.


Diberdayakan oleh Blogger.